Selasa, 19 Oktober 2010

Situasi Pasar Jual-Beli Secara Online (E-Commerce)



Di era yang serba moderen seperti saat ini, dimana dengan teknologi kita dapat melakukan segala aktifitas dengan mudah dan cepat. Salah satu aktifitas yang dapat kita lakukan dengan fasilitas teknologi yaitu dalam transaksi jual-beli. Pada saat ini aktifitas jual-beli secara online sudah tidak asing lagi didengar, Karena perkembangan teknologi di Indonesia hingga saat ini sudah sangat maju, dan sudah tak pandang status lagi dari kalangan bawah, menengah, samapi kalangan atas.


Maka dalam transaksi jual-beli secara online, atau yang biasa kita sebut E-Commerce itu diperlukan tingkat ketelitian dan kewaspadaan yang cukup tinggi, karena kejahatan dunia maya sudah ramai menjadi perbincangan dalam kasus jual-beli secara online.
Oleh karena itu kita hendaknya dalam melakukan transaksi jual-beli secara online ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, diantaranya adalah :
~ Teliti dalam memilih tempat order
~ Perhatikan Kecocokan barang
~ Utamakan Faktor Kepercayaan
~ Keamanan Identitas
~ dsb
Dan dari sekikian faktor yang harus diperhatikan dalam melakukan transaksi jual-beli secara online, maka dapat disimpulkan juga. Ada beberapa faktor dalam membangun E-Commerce :
1. Menyediakan harga kompetitif.
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dll
7. Mempermudah kegiatan perdagangan.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, dan beberapa faktor yang termasuk diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar