Selasa, 05 Oktober 2010

Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia



Perkembangan Teknologi Informasi yang ada di indonesia berkembang dengan pesat, yang di dukung dengan perkembangan Teknologi Komputer di era globalisasi ini yang serba canggih. Namun Pertumbuhan teknologi informasi di Indonesia masih terbilang sangat lambat karena investasi untuk pembangunan infrastrukturnya masih minim. Akibatnya tarif internet di Indonesia masih sangat mahal.


Sejak tahun 1976, Indonesia telah memasuki era informasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Di era informasi ini, TI dan TK memegang peranan sebagai teknologi kunci. Perkembangan TI dan TK dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, termasuk dalam dunia bisnis. Dengan perkembangan TI dan TK yang sangat pesat ini, mau tidak mau, siap ataupun tidak siap, akan semakin deras mengalirkan informasi dengan segala dampak positif dan negatifnya ke masyarakat Indonesia. Perkembangan TI dan TK memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini, termasuk dalam dunia bisnis.
Jenis dan Tipe Bisnis di Bidang Teknologi Informatika :
1.Produk
- Hardware, yaitu penjualan produk berupa perangkat keras komputer.
- Software, yaitu penjualan produk berupa perangkat lunak komputer.
2. Jasa
- E-Commerce, yaitu suatu transaksi jual-beli yang dilakukan secara online dari penyebaran, pembelian, penjualan, maupun pemasaran barang.
- IT Konsultan, yaitu seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa nasehat ahli dalam bidang IT. yang salah satu tugasnya menangani konsultasi di bidang IT, menyelesaikan masalah teknis, memperbaiki struktur dalam sistem IT, dll.
- Infrastruktur informasi dan komputer, yaitu penyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar