Minggu, 08 November 2009

Perbedaan Tugas dan Tulisan Mata Kuliah Softskill

Sebenarnya perbedaan “tugas” dan “tulisan” ini sudah dijelaskan di pengumuman MK yang adaptif softskill di studentsite. Mengingat masih banyak para UG-er yang masih bingung, maka tim redaksi mencoba mengulas kembali hal tersebut.

“Tugas” diinisiasi oleh dosen yang memberikan tugas kepada mahasiswanya mengenai topik-topik tertentu yang sesuai dengan silabus atau SAP dari Mata Kuliahnya. Misalnya, MK Ekonomi Koperasi (yang ternyata bertanda # yang artinya MK softskills), maka dosen akan memberikan sejumlah “TUGAS’ yang wajib dipublish di blog pribadi mahasiswanya masing-masing. Jadi setiap UG-er WAJIB MEMPUNYAI BLOG PRIBADI. Artinya “tugas” tersebut tidak dipublish di Wartawarga, UG Community, atau fasilitas blog di UG. Blog pribadi mahasiswanya relatif bebas, misalnya di ngeblogs.com, wordpress, blogspot, blogsome, multiply, atau blog berbayar . Jika sudah diposting di blog tersebut, selanjutnya Anda mensubmit postingan tersebut ke portofolio melalui menu “TUGAS” di studentsite. Pada menu tersebut anda tinggal memasukkan judul postingan, alamat URL dari postingan tersebut, serta nama Mata Kuliahnya.

Lalu apa yang dimaksud dengan “TULISAN” dan bagaimana cara mensubmitnya agar masuk ke portofolio mahasiswa ?


“TULISAN” merupakan inisiatif mahasiswa yang topiknya dapat diluar dari materi kuliah atau tidak terkait dengan tugas yang diberikan dosen. ada 2 cara menambah “TULISAN” di portofolio anda, yaitu:

1. Anda menulis sebuah postingan di blog pribadi. Jika tulisan itu relatif “baik” dan “pantas” maka anda bisa mensubmit postingan tersebut ke portofolio melalui menu “TULISAN” di studentsite. Anda tinggal memasukkan judul postingan dan alamat URL dari tulisan tersebut, lalu klik submit. Sekali lagi topik “tulisan” ini lebih “bebas” atau tidak perlu terkait dengan topik tugas dari dosen. Jadi jumlah dan topik tulisanya tergantung dari inisiatif anda, namun dengan catatan tetap memperhatikan etika ilmiah, HaKI, dan peryaratan dan etika penulisan lainnya yang sudah diumumkan di studentsite.
2. Anda menulis di wartawarga ini- yang secara otomatis “tulisan”-nya masuk ke portofolio. Jadi anda tidak perlu “ngapa-ngapain” keculai membuat postingan saja melalui menu “wartawarga” di studensite. Jadi sekali lagi, cara menulis di wartawarga adalah melalui menu “wartawarga” yang ada di studentsite. Anda pun tidak perlu lagi mencantumkan nama lengkap, NPM, dan kelas anda di isi postingannya karena sistem akan mengetahuinya secara otomatis. Coba setelah anda membuat tulisan di wartawarga ini, langsung kunjungi portofolio anda dan di-klik pada menu “tulisan” di portofolio tersebut maka judul postingan anda di wartawarga sudah ada di situ, termasuk link ke alamat URL postingannya di wartawarga.

Semoga membantu. Setelah postingan ini, semua pertanyaan-pertanyaan tentang wartawarga atau MK adaptif softskill mohon tidak disampaikan dalam postingan baru di wartawarga. Jika ada pertanyaan atau masalah, cukup memberikan komentar di sini saja. Jika tidak, tim redaksi terpaksa akan menghapus postingan yang hanya sekedar bertanya atau latihan posting. Sekali lagi, mohon pengertian dan perhatiannya, terima kasih.
Sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar