Minggu, 08 November 2009

Skuad yang disiapkan Mourinho menghadapi Roma

Sang Alenatore Jose Mourinho meniapkan 19 pemain dalam menghadapi Roma dini hari nanti di Gieuseppe Meazza, berikut susunanya :

Goalkeepers: 1 Francesco Toldo, 12 Julio Cesar, 21 Paolo Orlandoni.

Defenders: 2 Ivan Ramiro Cordoba, 4 Javier Zanetti, 6 Lucio, 13 Maicon, 25 Walter Samuel, 26 Cristian Chivu.

Midfielders: 5 Dejan Stankovic, 8 Thiago Motta, 10 Wesley Sneijder, 11 Sulley Muntari, 14 Patrick Vieira, 19 Esteban Cambiasso, 30 Mancini.

Strikers: 9 Samuel Eto'o, 22 Diego Milito, 45 Mario Balotelli.

Sumber : inter.it

Read more....

Perbedaan Tugas dan Tulisan Mata Kuliah Softskill

Sebenarnya perbedaan “tugas” dan “tulisan” ini sudah dijelaskan di pengumuman MK yang adaptif softskill di studentsite. Mengingat masih banyak para UG-er yang masih bingung, maka tim redaksi mencoba mengulas kembali hal tersebut.

“Tugas” diinisiasi oleh dosen yang memberikan tugas kepada mahasiswanya mengenai topik-topik tertentu yang sesuai dengan silabus atau SAP dari Mata Kuliahnya. Misalnya, MK Ekonomi Koperasi (yang ternyata bertanda # yang artinya MK softskills), maka dosen akan memberikan sejumlah “TUGAS’ yang wajib dipublish di blog pribadi mahasiswanya masing-masing. Jadi setiap UG-er WAJIB MEMPUNYAI BLOG PRIBADI. Artinya “tugas” tersebut tidak dipublish di Wartawarga, UG Community, atau fasilitas blog di UG. Blog pribadi mahasiswanya relatif bebas, misalnya di ngeblogs.com, wordpress, blogspot, blogsome, multiply, atau blog berbayar . Jika sudah diposting di blog tersebut, selanjutnya Anda mensubmit postingan tersebut ke portofolio melalui menu “TUGAS” di studentsite. Pada menu tersebut anda tinggal memasukkan judul postingan, alamat URL dari postingan tersebut, serta nama Mata Kuliahnya.

Lalu apa yang dimaksud dengan “TULISAN” dan bagaimana cara mensubmitnya agar masuk ke portofolio mahasiswa ?


“TULISAN” merupakan inisiatif mahasiswa yang topiknya dapat diluar dari materi kuliah atau tidak terkait dengan tugas yang diberikan dosen. ada 2 cara menambah “TULISAN” di portofolio anda, yaitu:

1. Anda menulis sebuah postingan di blog pribadi. Jika tulisan itu relatif “baik” dan “pantas” maka anda bisa mensubmit postingan tersebut ke portofolio melalui menu “TULISAN” di studentsite. Anda tinggal memasukkan judul postingan dan alamat URL dari tulisan tersebut, lalu klik submit. Sekali lagi topik “tulisan” ini lebih “bebas” atau tidak perlu terkait dengan topik tugas dari dosen. Jadi jumlah dan topik tulisanya tergantung dari inisiatif anda, namun dengan catatan tetap memperhatikan etika ilmiah, HaKI, dan peryaratan dan etika penulisan lainnya yang sudah diumumkan di studentsite.
2. Anda menulis di wartawarga ini- yang secara otomatis “tulisan”-nya masuk ke portofolio. Jadi anda tidak perlu “ngapa-ngapain” keculai membuat postingan saja melalui menu “wartawarga” di studensite. Jadi sekali lagi, cara menulis di wartawarga adalah melalui menu “wartawarga” yang ada di studentsite. Anda pun tidak perlu lagi mencantumkan nama lengkap, NPM, dan kelas anda di isi postingannya karena sistem akan mengetahuinya secara otomatis. Coba setelah anda membuat tulisan di wartawarga ini, langsung kunjungi portofolio anda dan di-klik pada menu “tulisan” di portofolio tersebut maka judul postingan anda di wartawarga sudah ada di situ, termasuk link ke alamat URL postingannya di wartawarga.

Semoga membantu. Setelah postingan ini, semua pertanyaan-pertanyaan tentang wartawarga atau MK adaptif softskill mohon tidak disampaikan dalam postingan baru di wartawarga. Jika ada pertanyaan atau masalah, cukup memberikan komentar di sini saja. Jika tidak, tim redaksi terpaksa akan menghapus postingan yang hanya sekedar bertanya atau latihan posting. Sekali lagi, mohon pengertian dan perhatiannya, terima kasih.
Sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id

Read more....

Animasi 3D Pemula

Pengertian Animasi:

Animasi sebuah kata yang sangat popular belakangan ini. Hadirnya televisi –televisi local maupun nasional menambah banyak pengetahuan masyarakat tentang animasi. Film-film box office Hollywood, Manga sebutan untuk film dan komik asal jepang dan film-film luar yang mereka tayangkan dengan sajian yang unik dan menarik membuat kita berdecak kagum.
Perkembangan peranti pendukung seperti computer dan sfware-sofware canggih lainnya menambah penampilan animasi semakin memukau. Hal ini memang bukan perjalanan yang tanpa hambatan dan tidak terjadi dalam waktu sekejap melaikan memakan waktu yang cukup panjang dan bertahun-tahun untuk menjadi seperti sekarang ini.

Animasi sendiri secara harfiah adalah bergerak dalam arti menggerakan sebuah benda atau objek diam menjai hidup. Membuat animasi bisa berarti menggerakan gambar kartun, lukisan, boneka dan lain-lain. Animasi juga bisa dikelompokan menjadi dua yaitu dengan sebutan popular animasi dua dimensi dan tiga dimensi.
Banyaknya film-film kartun yang ditayangkan televise membuat corak tersendiri dan seiring perkembangannya menciptakan sebuah genre dan segmentasi khusus anak-anak. Padahal secara global animasi kartun itu sendiri bisa untuk pelengkap media yang lain seperti presentasi, dokumentasi, iklan, modeling dan lain-lain.
Untuk membuat satu durasi animasi memerlikan jumlah frame atau gambar yang cukup banyak. Frame per detik atau frame per second merupakan satuan yang dipergunakan seorang animastor (sebutan orang yang membuat gerakan animasi) untuk menentukan kualitas film animasi. Missal seorang animator akan membuat film berdurasi 45 menit kemudian frame per second-nya sama dengan 24, untuk durasi 1 menit akan dibutuhkan frame sebanyak 24×60 yaitu 1440 frame. Jadi dibutuhkan 64800 frame untuk animasi berdurasi 45 menit. Semakin banyak frame yang dibuat maka semakin baik kualitas animasinya.
Seperti sekilas disebutkan diatas animasi bisa kita kelompokan menjadi dua jenis animasi. Animasi tiga dimensi atau sering disebut 3D dimana proses pembuatannya lebih banyak dikerjakan menggunakan computer. Sementara yang akan kita bahas pada buku ini adalah animasi dua dimensi. Beda dengan animasi tiga dimensi, animasi dua dimensi atau dengan istilah 2D dalam proses pembuatannya lebih banyak menggunakan manual dengan kata lain gambar atau objek yang akann di animasikan merupakan hasil kreatifitas tangan-tangan langsung seorang animator. Kedua jenis ini memiliki keunggulan masing-masing dalam kualitas dan pasarnya itu sendiri.
(http://linkartstudio.deviantart.com)

Read more....